Wednesday, November 12, 2014

Mengukur Rank Website


Kali ini saya akan membahas tentang mengukur traffic rank dan rate dari sebuah
situs web dengan menggunakan tools Alexa Rank.
Simak penjelasannya dibawah ini.




A.     Penjelasan tentang Tools Alexa Rank

Alexa Rank adalah sebuah situs yang beralamat di www.alexa.com yang menyediakan fasilitas informasi tentang rangking/peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Yang mana semakin besar trafficnya maka semakin tinggi peringkat dari situs tersebut dan juga sebaliknya semakin kecil traffiknya maka semakin rendah lah peringkat dari situs tersebut.
Alexa Rank mempunyai nilai peringkat dari nilai terkecil yaitu angka 1 ( satu ) sampai dengan seterusnya ( nilai berjuta-juta ) yang mana dalam perhitungan sistem di Alexa Rank apabila semakin kecil nilai Alexa Rank situs anda maka semakin baguslah peringkat situs tersebut.
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.


Langkah Alexa dalam memberi rank terhadap blog :


¨    Pageviews à jumlah halaman Blog yang diakses oleh satu orang (visitor) dalam satu kali kunjungan.
¨    Bounce rate à presentase banyaknya pengunjung yang langsung meninggalkan halaman suatu Blog dalam waktu singkat dengan tidak membuka halaman lain, dalam hal ini berkaitan dengan lamanya Visitor berada dalam Blog kita.
¨    Unique Visitor à Jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu.

Dasar penilaian alexa adalah dari jumlah Visitor per hari, karena hal tersebut bisa dikatakan sebagai tolak ukur dan acuan Alexa dalam menilai sebuah website. Traffic Alexa sangat berpengaruh sekali terhadap website, maka kita perlu melakukan submitasi ke Alexa. Ini kita lakukan dengan harapan website atau blog dapat cepat terindex oleh mesin pencari.dan juga memberitahukan kepada Alexa bahwa website dengan nama domain.com telah memproklamirkan diri terjun dalam kancah perang SEO.


B.     Kelebihan dan Kekurangan Alexa Rank

Kelebihan :

1.      Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2.      Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic.
3.      Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita.
4.      Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.

Kekurangan :

1.      Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
2.      Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP(Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini   hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .


C.    Mengukur Rating Website

Setelah mengetahui tentang tools Alexa Rank, saya akan mengukur rating website yang telah saya analisa sebelumnya, yaitu website bekasikota.go.id. Berikut adalah hasil dari pengukuran rating website tersebut.

Gambar 1
 Gambar 1 diatas menampilkan traffic rank dari website bekasikota.go.id. kita dapat mengetahui berapa rank website ini secara Global atau mendunia dan rank di Indonesia saja. Pada tanggal 16 November 2014, dapat dilihat disini bahwa rank website ini secara Global menurun selama 3 bulan terakhir sebanyak 154.201.

Gambar 2
Gambar 2 diatas menampilkan berapa rate website dikunjungi.

Bounce Rate, menampilkan persentase alamat website sering dikunjungi, dalam hal ini situs bekasikota.go.id memiliki 38.20% dan persentase itu telah menurun 24.00% dari sebelumnya.

Daily Pageviews per Visitor, menampilkan persentase alamat web dikunjungi per hari.

Daily Time on Site, menampilkan persentase alamat web dikunjungi setiap waktu.

Gambar 3
Gambar 3 diatas menampilkan data tentang pengunjung  situs bekasikota.go.id. Terdapat 3 kategori pengunjung, yaitu :

a.    Gender ( Jenis Kelamin )
Pada kategori gender dari hasil diatas dapat dilihat bahwa yang mengunjungi situs ini lebih banyak pria (Male) dibanding dengan wanita (Female)

b.    Education (Pendidikan)
Pada kategori Education dari hasil diatas dapat dilihat bahwa urutan pertama yang paling banyak mengunjungi website ini adalah No College, disusul oleh Some College, College, dan yang terakhir adalah Graduate School atau lulusan sekolah.

c.    Browsing Location
Pada kategori Browsing Location, dapat diketahui sebarapa banyak yang mengunjungi web berdasarkan tempat browsingnya. Pada hal ini yang paling banyak adalah Work atau di tempat kerja.

Gambar 4
Gambar 4 diatas menampilkan dimana letak pengunjung website yang di mana akan ditampilkan disini dengan menunjukan peta dunia, kemudian akan menunjukan lokasi tempat pengunjung tersebut. Setelah itu Alexa rank akan menampilakan persentase pengunjung tersebut yang berada di Indonesia (96.6%).

Gambar 5 
Gambar 5 diatas memperlihatkan dimana pengunjung situs ini berasal. Disini Alexa rank akan menampilkan persentase pengujung situs dengan berdasarkan mesin pencari (Search Engine) yang hasilnya adalah 40.60%. Tabel diatas menunjukkan kata kunci teratas yang sering dicari pada mesin pencari yang berhubungan dengan situs ini selama 6 bulan terakhir. Daftar ini diperbarui setiap bulan.

Gambar 6
Gambar 6 diatas memperlihatkan total situs yang me-link-kan website bekasikota.go.id, yaitu 173. Dibawahnya terdapat table yang menampilkan situs web dan post yang di-link dengan situs bekasikota.go.id.

Gambar 7
Gambar 7 diatas menampilkan Upstream Sites, atau situs-situs yang sering mengunjungi web bekasikota.go.id secara berkala, melalui google, yahoo, ataupun facebook.

Gambar 8 
Gambar 8 diatas memperlihatkan apa saja yang dikunjungi oleh pengunjung web bekasikota.go.id, table diatas menampilkan persentase pengunjung subdomain dari web tersebut.

Sekian penjelasan tentang menggunakan tools Alexa Rank untuk mengukur traffic rank dari situs web.


Sumber :


2 komentar: