1. E-Commerce
Pengertian E-Commerce
Menurut Kalakota dan Whinston (1997) pengertian E-Commerce dapat ditinjau dalam 4 perspektif berikut :
- Dari perspektif komunikasi
E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya. - Dari perspektif proses bisnis
E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja. - Dari perspektif layanan
E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman. - Dari perspektif online
E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce, yang secara
singkat dapat didefinisikan sebagai mekanisme transaksi jual dan beli
dengan menggunakan fasilitas internet sebagai media komunikasi. Dalam
pengertian yang lain, e-commerce dapat diartikan sebagai rangkaian
kegiatan usaha perdagangan yang sebagian atau seluruhnya menggunakan
media internet sebagai media komunikasinya.