Monday, June 29, 2015

CARA MEMBUAT WEB STATIS DAN WEB DINAMIS

Hello my blog readers!
Pada post kali ini saya akan membahas
cara mudah mebuat blog statis dan blog dinamis
menggunakan HTML



Aplikasi yang kita butuhkan untuk membuat blog ini sangat sederhana, yaitu menggunakan editor seperti notepad atau notepad++. Kalo kamu belum punya notepad++, bisa download gratis disini.


So, langsung aja ke pembahasannya. Check it out!



PENGENALAN HTML

     HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen halaman web yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan web browser bagaimana untuk menampilkan halaman web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.

Untuk mulai belajar HTML kita akan menggunakan Texs Editor, Notepad. Struktur penulisan html yaitu :




CARA MENGATUR FORMAT TEKS PADA HTML

     Untuk membuat halaman website terlihat menarik, maka setiap tampilan teks dapat diatur dengan attribute jenis teks, warna, ukuran, posisi, latar belakang dan lainnya. Penulisan atribut dalam html bersifat sensitive case. Dalam HTML versi 4, tag mulai dihilangkan meskipun masih banyak yang menggunakan. Sebaliknya dapat menggunakan gaya (CSS) yang hasil yang lebih menarik.


a. Mengatur Ukuran Teks atau Atribut Size



Dengan menggunakan HTML kita dapat mengatur ukuran font/teks. Ring dari ukuran adalah 1-7 . Nilai 1 adalah ukuran font ukuran terkecil dan terbesar adalah 7. Untuk html dengan css dapat menggunakan kode sebagai berikut :



b. Mengatur Jenis Teks atau Font Teks


Untuk mengatur jenis font dapat menggunakan kode berikut :



c. Mengatur Warna Teks



Pengaturan warna pada HTML didefinisikan dengan menggunakan nilai RGB / HEX atau canalso langsung menggunakan nama warna (“red” misalnya) . Sintaks Penulisan atribut seperti ini (font color=”….” ), kita bisa mengisi dengan nama warna langsung atau dengan code warna dari photoshop, corel, editplus,dll.

Contoh penggunaannya :


Output:


CARA MENYISIPKAN GAMBAR PADA HTML

Perintah untuk menampilkan format gambar atau menambah gambar di HTML atau halaman web ditandai dengan tag dan atribut ”src“ untuk lokasi dari gambar yang akan kita ambil.

Contoh :

Simpan gambar pada folder yang sama dengan file html tersebut. Outputnya sebagai berikut :


WEB STATIS

     Web Statis adalah website yang contentnya tidak berubah-ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen yang ada di web tersebut tidak dapat diubah secara mudah. Ini dikarenakan karena script yang digunakan untuk membut web statis tidak mendukung untuk mengubah isi dokumen.







WEB DINAMIS

Web Dinamis adalah Web yang content atau isinya dapat diubah-ubah setiap saat.












Source : seputarti.com

2 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kalo mau belajar ngerubah web statis jadi dinamis bisa cek di sini
    https://www.youtube.com/channel/UCE8Q3-Ojj5tEx3bxMkPaoRA

    semoga membantu

    ReplyDelete