Sunday, April 5, 2015

Analisa Content Web

Hello my dearest blog reader! Meet me again, yay! :D

Kali ini saya mau menganalisa sebuah web yang menarik banget nih buat anak muda kaya kita haha. Saya akan menganalisa content dari website Ask.fm.


Apa itu Ask.fm

   Pertama-tama, apa kalian sudah tahu apa sih Ask.fm itu? Ask.fm hampir sama dengan web web yang lain yang sedang trend saat ini mreka menggunakan sistem follow mem-follow, tapi sistem follow pada ask.fm ini berbeda dengan web lain seperti twitter atau tumblr dan sebagainya. Orang yang kita follow di ask.fm tidak akan mengetahui bahwa kita mem-follow mereka, dan sebaliknya kita juga tidak dapat melihat orang-orang yang mem-follow kita. Kita hanya dapat melihat jumlah followers yang kita miliki tanpa mengetahui satupun dari mereka.


   Lalu, ask.fm tuh digunain buat apa sih? Nah sesuai namanya, dalam bahasa inggris (ask=bertanya). Jadi website Ask.fm merupakan suatu website yang menjadi wadah atau tempat sebagai sesi tanya-jawab antar user, kita dapat bertanya ke siapapun yang kita mau. Baik nanya ke orang yang sudah kita follow ataupun belum.

Cara menggunakan ask.fm

Pertama, buka website Ask.fm pada browser. Tampilan awal website ask.fm adalah seperti gambar dibawah ini :

Jika kita belum memiliki akun Ask.fm, klik JOIN NOW! maka akan menuju ke form pembuatan akun Ask.fm. Buat join ke Ask.fm juga ada pilihan Sign up with facebook, Sign up with twitter, dll.

Jika kita telah membuat akun Ask.fm sebelumnya, maka langsung saja klik login pada pojok kanan atas. Kemudian ketik username dan password atau login dengan social media lain contohnya twitter atau facebook.

Sesudah login kita bisa mulai untuk follow teman-teman kita dan tanya-tanya mereka. Caranya gampang, search atau cari aja orang yang mau kita follow, and then ask them many questions. Untuk bertanya, kita ketik aja pertanyaan kita di kotak yang disediakan, dan ada pilihan Ask anonymously, checklist pilihan ini jika anda tidak ingin orang yang anda tanya tahu siapa anda, kalo ngga unchecked pilihan ini.

Kita bisa melihat orang yang sudah ask kita di tab Question atau pada icon yang berbentuk tanda tanya ( ? )

Don't cry and don't be shy kalo kamu ga punya question buat dijawab, ada solusinya kok! Klik aja Get a random question, disini kamu bakal dapet 1 question tiap 1 kali klik, tapi pertanyaan yang disediakan default jadi ada kemungkinan pertanyaan yang sudah pernah kamu jawab bakal muncul lagi

Pertanyaan yang kamu post akan muncul di home, orang-orang yang sudah follow kita bisa melihat answer kita pada home mereka. Mereka dapat memberi apresiasi pada answer kita dan kita pun dapat memberi apresiasi kepada orang yang telah kita follow dengan memberi like pada icon berbentuk love yang terletak di sebelah kanan post jawabannya.


Begitulah sekiranya cara memainkan Ask.fm

Kelebihan & Kelemahan Ask.fm


Website apapun pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, termasuk website Ask.fm.

Kelebihan Ask.fm


  1. Ga susah buat kepoin orang, tinggal ask aja, kalau malu bisa dianonim.
  2. Kadang ada beberapa orang yang answerannya suka bikin ngakak ga kepikiran.
  3. Gak tau siapa aja yang follow kita, jadi gak usah repot kayak di twitter minta follback kalau belum difollback, soalnya gak keliatan juga haha.
  4. Bisa nanya dan jawab sesuka hati.
  5. Kadang lebih jadi kaya pap.fm gara-gara kebanyakan orang-orang malah pada post picture tapi itu yang bikin ngakaknya soalnya gambarnya lucu-lucu. Kadang suka jadi curhat.fm juga, answerannya suka merujuk pada bau curcol. Suka jadi sadstory.fm, soalnya banyak banget dah yang ngeshare sad story.
  6. Cuma bisa ngelike, ga ada komen deh jadinya, seneng wkwk setidaknya ga digerecokin lebih dalam. Kadang suka rame baca impers sama describe orang di ask.fm.


Kelemahan Ask.fm


  1. Karena bisa nanya sesuka hati itu dan bisa dianonim, banyak orang yang diask macem-macem, dijahatin, dibully, di judge macem-macem.
  2. Banyak hoax beredar, seperti "Kalo ga like berarti ga masuk surga" atau "Like = lulus UN" Hellooo, ask.fm bukan tuhan yang bisa nentuin takdir kamu.
  3. dan lain-lain.
















1 komentar:

  1. hayooooo ketauaaaan suka kepoin orang yaaa :p
    nice posting~

    ReplyDelete