Thursday, November 17, 2016

CLOUD COMPUTING








Cloud computing mungkin masih samar terdengar bagi orang awam. 
Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti penggunaan email dan juga media sosial. 
Apa itu Cloud Computing? Apa manfaat dari cloud computing? Bagaimana penerapan cloud computing? Berikut adalah penjelasan tentang cloud computing.



PENGERTIAN / DEFINISI CLOUD COMPUTING



Cloud Computing adalah penggunaan teknologi komputer dikombinasikan dengan pengembangan internet berbasis Awan, istilah tersebut merupakan istilah yang diberikan ke jaringan internet teknologi.

Berdasarkan teknologi pada cloud computing memungkinkan semua data berada dan disimpan di server internet, serta aplikasi atau perangkat lunak yang umumnya mengambil semua pengguna terletak pada komputer server. Pengguna harus terhubung ke internet untuk mengakses dan menjalankan aplikasi yang berada pada server tersebut.

Dengan kata lain pengguna hanya bisa menyediakan komputer dan internet untuk bisa terhubung ke server internet dan menyimpan data di komputer server tanpa harus menyediakan kapasitas besar hard drive di komputer sendiri untuk menyimpan data. Misalkan program aplikasi seperti Microsoft Office, pengguna dapat menjalankan aplikasi pada server internet sehingga tidak perlu repot-repot untuk menginstal aplikasi pada komputer sendiri.


Cara kerja Cloud Computing 


Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah-perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya. 

Contohnya lewat penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.



Model Cloud Computing


Penerapan penyebaran cloud computing dibagi beberapa model, yaitu :
  1. Private Cloud
    Penyebaran pada model ini digunakan untuk sebuah komunitas atau perusahaan untuk kebutuhan internal. Dimana departemen IT akan berperan sebagai penyedia layanan (service provider).
  2. Public Cloud
    Penyebaran pada model ini digunakan untuk masyarakat umum. Dimana masyarakat dapat langsung mendaftar ataupun memakai layanan yang ada.
  3. Community CloudPenyebaran pada model ini dibuat semata-mata untuk sebuah komnitas tertentu, dimana konsumennya berasal dari organisasi tersebut memiliki kesamaan tujuan atau perhatian pada suatu hal. Sebagai contoh dalam keamana, aturan, dsb.
  4. Hybrid Cloud
    Pada model ini merupakan gabungan beberapa model cloud (private, public, community) dimana data dan proses aplikasi dapat dibagi secara berbeda pada cloud.

Karakteristik Cloud Computing


Baik Private, Public, Community dan Hybrid mempunyai 5 karakteristik yang sama, yaitu :
  1. Resource Pooling
    Merupakan sumber daya dari komputasi yang dikumpulkan oleh penyedia layanan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang dapat berupa fisik (Storage, CPU, Memory, dsb) ataupun virtual.

  2. Broad Network AccessKapasitas layanan dari cloud provider tersedia lewat jaringan dan bias diakses oleh berbagai jenis perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, dsb.
  3. Measured Service
    Tersedia layanan untuk mengoptimasi dan memonitor layanan yang digunakan secara otomatis. Dimana monitoring system ini, dapat melihat beberapa sumber komputasi yang telah digunakan, seperti : bandwith, storage, processing, dsb. Layanan ini sebagai bentuk tansparansi antara cloud provider dan cloud consumer.

  4. Rapid Elasticity
    Kapasitas dari layanan cloud provider yang digunakan oleh konsumen computing secara kebutuhannya. Konsumen ini dapat menaikkan ataupun menurunkan kapasitas dengan bebas sesuai kebutuhan dari konsumen.

  5. Self Service
    Konsumen computing dapat mengatur secara sendiri layanan yang ingin dipakai pada sebuah system, tanpa perlu adanya interaksi manusia terhadap penyedia layanan komputasi.

Jenis-jenis layanan Cloud Computing



Ada beberapa jenis layanan cloud computing, yaitu :
  1. Software as a Service (Saas)
    Layanan Software as a services adalah layanan yang menyediakan aplikasi siap pakai yang ditujukan untuk pengguna akhir (End User). Disini pengguna tidak perlu meng-instal aplikasi atau infrastruktur sejenisnya.
    Contoh dari layanan ini adalah layanan seperti hotmail, gmail, yahoo mail, twitter, dan facebook. Disini pengguna tidak perlu repot-repot membuat aplikasi untuk menggunakannya, untuk contoh layanan aplikasi berbayar adalah penggunaan dari Office365, Salesforce dan lain-lain.

  2. Platform as a Service (PaaS)
    Platform as a Service adalah Layanan menyewa tempat untuk menjalankan aplikasi dari pengguna. Layanan bisa seperti penyediaan sistem operasi, database, framework adalah sebuah platform untuk menjalankan aplikasi.

    Jadi di sini pengguna tidak perlu melakukan perawatan dan mempersiapkan infrastruktur sehingga pengguna hanya fokus pada aplikasi bangunan. Sebagai contoh dari layanan ini adalah seperti Windows Azure, Amazon Web Services, Google App Engine, dan sebagainya.
  3. Infrastructure as a Service (LaaS)
    Infrastructure as a Service adalah layanan yang menyediakan iT infrastruktur untuk pengguna akhir yang dibangun layanan berbasis cloud. Infrastruktur dapat fisik seperti hard drive, memori, jenis server, jaringan dan sebagainya.

    Cloud disini hanya menyediakan infrastruktur berdasarkan permintaan dari pengguna. Jadi jika pengguna ingin melakukan penambahan atau upgrade infrastruktur dia bisa menghubungi penyedia server cloud. Contoh dari layanan ini seperti Amazon EC2, Rackspace Cloud dan lain-lain.

Manfaat Cloud Computing


Berikut adalah manfaat-manfaat dari penggunaan teknologi berbasis sistem cloud
  1. Semua Data Tersimpan di Server Secara TerpusatSalah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.
  2. Keamanan Data
    Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.
  3. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
    Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.
  4. Investasi Jangka Panjang
    Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing


KELEBIHAN CLOUD COMPUTING
  1. Efisien Biaya
    Perusahaan yang menggunakan cloud computing tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk alokasi hardware. Cloud Computing tidak sangat sedikit menggunakan biaya, karena tidak perlu melakukan maintanance dan mengurangi penggunaan listrik.
  2. Akses Mudah
    Tidak perlu menggunakan komputer untuk menyimpan data, karena data yang digunakan akan tersimpan didalam server. Sehingga ketika kita berada dimanapun akan bisa mengakses.
  3. Fleksibilitas untuk menambah kapasitas
    Penambahan komputer tidak perlu dilakukan, dengan melakukan self-provisioning hanya dalam hitungan menit kapatasitas yang ditambahkan siap digunakan.
  4. Manajemen sistem dan monitoring
    Proses ini akan lebih mudah karena sudah terkoneksi dengan  web portal pelanggan. Dashboard bisa digunakan untuk melihat status server.
  5. Meningkatkan availability dan ketersediaan data
    Sistem yang digunakan cloud sudah didesain high availability, sistem tersebut sudah berada pada data center yang sudah menjamin ketersediaan listrik, pendingin, dan lainnya yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam.

KEKURANGAN CLOUD COMPUTING

Salah satu penyebab yang menjadi Cloud Computing sukses menjalankan tugasnya adalah dengan adanya koneksi internet. Jika tidak ada koneksi internet jangan berharap untuk bisa menggunakan komputasi awan. Hal ini yang menjadi penyebab atau hambatan perusahaan yang menggunakan teknologi komputasi awan tidak bisa eksis di daerah yang belum terintegrasi internet. Indonesia menjadi salah satu negara yang semua daerahnya belum terjangkau koneksi internet.

Kualitas komputasi awan menjadi pertimbangan tersendiri ketika memilih penyedia komputasi awan. Jika menggunakan penyedia layanan server komputasi awan yang tidak sesuai dengan kebutuhan maka sewaktu-waktu bisa down atau peforma yang diberikan buruk.


References :
http://www.levatra.com/2016/10/pengertian-cloud-computing-dengan-kelebihan-dan-kekurangannya.html
https://www.infokomputer.com/2015/12/fitur/mengenal-cloud-computing-kelebihan-kekurangan/

1 komentar:

  1. The 10 best things to do in San Diego, CA in 2021 - JTM Hub
    San Diego is one 동두천 출장마사지 of the 충청남도 출장마사지 nicer places to stay in San Diego. The fun, the variety of activities and 김포 출장마사지 the pleasant rooms are extraordinary. 광양 출장안마 There 광명 출장안마 are plenty of

    ReplyDelete