Sunday, October 23, 2016

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION




Pengertian / Definisi SEO 



Sebagian besar para blogger dan neter pasti sudah dengar istilah SEO yang bertujuan untuk menjadikan website atau suatu blog berada diperingkat tinggi mesin pencari yang ditargetkan melalui sebuah kata kunci.

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs web kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.




Kinerja Search Engine





Mesin pencari seperti google, bing, yahoo melakukan beberapa fungsi dalam memberikan hasil pencarian dengan keyword yang telah ditentukan. Selain itu berikut saya akan jelaskan apa saja kinerja yang dilakukan search engine tersebut:

  • Crawling
    yaitu proses mengambil semua halaman web yang terkait dalam sebuah situs tersebut, tugas ini biasanya dilakukan oleh perangkat lunak atau software yang disebut crawler/ spider atau googlebot yang dinamakan di mesin pencari google.
  • Indexing
    yaitu proses menciptakan index dalam semua halaman situs kemudian diambil dan disimpan dalam database raksasa dimana nanti bisa diambil kembali ketika seseorang mencari keyword atau halama tertentu. Pada dasarnya indexing adalah mengindex semua teks/ link dan data yang ada dalam sebuah situs.
  • Retrieving Result
    yaitu mengambil hasil yang paling baik dan cocok kemudian akan ditampilkan dalam browser seuai dengan urutan peringkat SEO yang paling baik.
  • Calculating Relavancy
    merupakan menghitung yang relavan lebih dari satu yang akan ditampilkan oleh serach engine dalam setiap halaman yang diindex.
  • Processing
    dimana ketika datang permintaan pencarian mesinpencari tersebut melakukan proses dengan perbandingan hitungan yang relavan dalam database dan dilihar dari beberapa faktor optimasi SEO yang terbaik.

Contoh SEO



Untuk memudahkan Anda memahami apa itu SEO, berikut redaksi berikan contoh penerapan SEO dan mengapa SEO itu diperlukan. Di situs Dailysocial ada banyak sekali konten-konten keren dan bermanfaat. Salah satunya adalah artikel soal Snapchat. Anda bisa baca artikelnya di sini. Artikel ini mengulas pengertian dan seluk-beluk soal Snapchat. Adapun kata kunci yang dioptimasikan adalah “apa itu Snapchat” dan beberapa kata kunci turunannya. Dengan melakukan optimasi SEO kata kunci tersebut, ketika Anda atau siapapun mengetikkan kata kunci “apa itu Snapchat” di mesin pencari Google, maka hasilnya artikel Dailysocial tersebut akan muncul di halaman pertama. Seperti ini.


Fungsi SEO


  1. Tujuan paling mendasar dari SEO tentu adalah memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari.
  2. Tujuan lainnya, mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung. Jika dibuatkan alurnya, ketika tujuan pertama di atas tercapai, maka secara otomatis situs akan mendapatkan yang namanya traffic
  3. Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Maksudnya, pengunjung yang diperoleh benar-benar merupakan pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan.
  4. Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang dibutuhkan, logikanya akan rela berdiam lebih lama di situs demi memuaskan rasa ingin tahunya.
  5. Meningkatkan konversi, jika Anda adalah seorang penjual, maka SEO dapat mendatangkan konversi yang lebih baik.
  6. Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentu saja brandawareness. Artinya, orang akan lebih mudah ingat dengan situs Anda.


Sejarah SEO



Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.


Dasar SEO


Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika anda ingin menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang anda target.

Dasar-dasar SEO yaitu : 

1.  On Page SEO

On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking 1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
  • Title Tag
    Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
  • Meta Description
    Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda
  • URL
    URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet
  • Heading (h1, h2, h3, h4)
    Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul. Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 adalah yang terkecil.
  • Link to Site Authority
    merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs-situs terpercaya atau yang dipercayai google seperti youtube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.
2.  Off Page SEO


SEO Off page juga sama, ia juga merupakan rangkaian proses optimasi, tetapi dilakukan di luar dari situs Anda namun merupakan bagian dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ranking situs Anda. Dalam hal ini kita akan lebih banyak membicarakan soal backlink atau tautan balik.

Teknik ini dilakukan dengan cara membangun backlink dari situs tertentu yang menuju ke situs Anda. Gunanya apa? Gunanya untuk meningkatkan popularitas situs yang juga akan menjadi salah satu indikator menentukan posisi di mesin pencari.

Setiap saat metode SEO Off Page berkembang dan mengalami perubahan, beberapa praktisi bahkan menganggap backlink sudah tidak penting lagi. Namun saya pribadi berpendapat, backlink tetaplah penting dan menentukan selama diterapkan dengan cara yang benar. 

Berikut adalah beberapa jenis backlink yang direkomendasikan oleh praktisi SEO.
  • Jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain
  • Web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, Tumblr, dan sebagainya)
  • Forum signature (kaskus, forum detik, forum kompas)
  • Social bookmark
  • Komentar blog dengan cara mengunjungi blog sejenis dan meninggalkan komentar serta tautan.
  • Guest post












sumber :
https://dailysocial.id/post/apa-itu-seo/
http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari/

0 komentar:

Post a Comment