Thursday, March 12, 2015

Pengertian Web dan Sejarah Web

Hello blogger! Di post ini saya akan membahas tentang website ( again -_- ). Tapi, biasanya saya hanya menganalisa website-website yang sudah ada, tanpa membahas apa yang dimaksud dengan web dan bagaimana sejarah web? Well, pembahasannya akan saya jelaskan dibawah ini, Check it out!

Definisi Web

    Kalian pasti pernah denger WWW kan? Kalo yang belum tau, WWW itu singkatan dari World Wide Web, yaitu gabungan dari seluruh situs web yang ada didunia.

Jadi, apa itu web? Berikut ini pengertian web menurut para ahli :
  1. Menurut Wahana Komputer, Web adalah formulir komunikasi interaktif yang digunakan pada sutu jaringan komputer.
  2. Menurut A. Taufiq Hidayatullah, Web adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar dunia, yakni internet.
  3. Menurut Haer Talib, Web adalah sebuah tempat di internet yang mempunyai nama dan alamat.
  4. Menurut Boone (Thomson), Web adalah koleksi sumber informasi kaya grafis yang saling berhubungan satu sama lain dalam internet yang lebih besar.
    Dari definisi web menurut para ahli diatas, saya menyimpulkan bahwa web merupakan suatu halaman yang dapat menampilkan informasi (berupa teks, gambar, suara, animasi, video, dan lain sebagainya), yang dapat diakses melalui browser dengan menggunakan suatu protokol (http atau https) yang terhubung dengan jaringan internet.


    Sebuah halaman web memiliki alamat masing-masing, untuk menentukan alamat atau informasi pada suatu web digunakan URL (Uniform Resource Locator). Tata cara penamaan URL diatur tersendiri, aturan penamaan suatu URL disebut dengan DNS (Domain Name System), sistem pengalamatannya yaitu host-name.domain-name.domain sebagai contoh : www.blogger.com, dimana www merupakan host name atau nama host yang memberikan layanan untuk mengakses web, blogger adalah domain name yang merupakan nama perusahaan, organisasi atau instansi tertentu, dan terakhir diakhiri dengan .com yang merupakan domain code yang menjelaskan jenis organisasi 

Sejarah Web

    Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadang sulit membedakan antara website
perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.


Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee

    Website yang ditulis di konversi menjadi HTML oleh komputer dan diakses melalui web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.

    Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services





Sumber :

1 komentar:

  1. sering pake harus tau juga pengertiannya. hohoohooo~ semoga manfaat ilmunya yaaa :)

    ReplyDelete